Kolam renang bisa menjadi ide menarik bagi kalian yang ingin tetap merasa nyaman di tengah udara panas musim kemarau tanpa perlu keluar rumah. Namun pembuatan kolam renang itu sendiri bukanlah perkara mudah dan murah. Meski begitu, kalian tetap bisa menyiasatinya dengan mengikuti beberapa tips hemat. Selain menggunakan beton instan sebagai pondasi, kalian juga perlu menentukan beberapa hal lainnya yang akan dibahas dalam artikel ini.

1. Tentukan ukuran kolam renang

Hal awal yang perlu direncanakan adalah ukuran kolam renang yang akan kalian bangun. Sesuaikan ukuran kolam renang dengan luas lahan rumah. Selain itu, perhatikan juga bahwa semakin luas kolam renang yang akan dibangun, maka biaya yang diperlukan juga semakin besar, dari segi pembangunan bahkan perawatannya kelak. Menurut panduan, kolam dengan luas 5 meter persegi mampu menampung empat orang, jadi kalian bisa sesuaikan kolam renang yang akan kalian buat bertujuan untuk setidaknya menampung berapa orang di dalamnya.

Baca juga:  Cara Mudah Mengatasi WC Rumah yang Mampet

2. Pastikan kedalamannya

Pastikan juga kedalaman kolam renang yang kalian butuhkan. Umumnya kolam renang rumahan memiliki kedalaman setengah hingga satu meter jika kolam renang ini ditujukan untuk anak-anak kalian. Dan  1,4 hingga 2 meter jika kolam renang ini ditujukan untuk orang dewasa. Kalian juga dapat menggabungkan kedua kedalaman tersebut dengan cara membuat tanjakan dalam kolam.

3. Pilih material yang sesuai

Saat pembangunan kolam renang nanti, pastikan material yang dipilih sesuai dan cocok untuk dinding kolam, baik sebagai pelapis internal maupun pembatas area pada kolam. Utamanya, pilihlah material yang bersifat waterproof, contohnya seperti keramik, batu alam, PVC hingga 3D Wall Panel.

Baca juga:  Panduan Pemula Mobile Legends Bang Bang

4. Cek sirkulasi air

Sistem sirkulasi air dalam kolam berfungsi untuk menyalurkan kembali air yang keluar kembali dalam kolam. Dengan demikian, kalian juga tidak perlu khawatir akan kehabisan air. Sistem sirkulasi ini juga umumnya mampu menjaga kebersihan air karena disertai dengan filtrasi air kolam.

Nah, itu dia beberapa tips yang dapat kalian pertimbangkan sebelum benar-benar berencana untuk membuat kolam renang dalam rumah. Pastikan kalian memiliki cukup ruang dalam hunian kalian karena biasanya kolam renang membutuhkan luas yang cukup dalam pembangunannya. Hal ini karena selain dibuat untuk kolam, bagian-bagian samping kolam juga perlu disesuaikan.

Baca juga:  Memulai Bisnis Perlengkapan Bayi yang Menguntungkan, Panduan Lengkap Memilih Mitra Maklon yang Tepat

Selain tips yang telah dijelaskan di atas, kalian juga perlu menghitung anggaran yang dibutuhkan dengan terperinci. Sesuaikan anggaran kalian dan pastikan agar pembangunan kolam renang sesuai dengan anggaran yang ada dan tidak membengkak. Kalian juga bisa secara rutin melakukan pengecekan harga material antara satu toko dengan yang lain sebagai upaya untuk mendapatkan material barang dengan kualitas yang sama dengan harga lebih murah. Semoga artikel ini dapat membantu, ya!

Iklan