Wortel adalah salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi, terutama beta-karoten, serat, vitamin K1, kalium, dan antioksidan. Oleh sebab itu, manfaat wortel berdasarkan studi memang sangat banyak, yakni bagus untuk kesehatan mata, jantung, hingga pencernaan.

Wortel sering digunakan sebagai bahan dalam berbagai hidangan, baik itu makanan utama maupun camilan. Berikut ini beberapa ide camilan dari wortel yang nikmat yang bisa Sobat coba di rumah.

Carrot Cake

Carrot cake atau kue wortel adalah pilihan camilan yang manis dan lezat. Kue ini biasanya dibuat dengan mencampurkan wortel parut ke dalam adonan kue yang terdiri dari tepung, gula, telur, minyak, dan kayu manis.

Carrot cake biasanya diberi lapisan frosting krim keju di atasnya sehingga menambah kelezatan dan kekayaan rasa kue tersebut. Camilan ini cocok untuk menemani waktu santai Sobat di sore hari dengan secangkir teh atau kopi.

Wortel Goreng

Wortel goreng merupakan camilan yang mudah dibuat dan sangat cocok untuk dijadikan camilan sehari-hari. Caranya, potong wortel menjadi bentuk batang seperti kentang goreng, lalu celupkan dalam adonan tepung yang sudah dibumbui dengan garam, lada, dan sedikit bubuk bawang putih.

Baca juga:  Tips Memilih Dokter Kandungan Perempuan di Blitar

Setelah itu, goreng wortel dalam minyak panas hingga kecokelatan dan renyah. Wortel goreng ini bisa Sobat nikmati dengan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap.

Nugget Wortel

Nugget wortel menjadi pilihan camilan sehat yang bisa dinikmati oleh seluruh keluarga. Untuk membuat nugget wortel, campurkan wortel parut dengan ayam cincang, telur, tepung roti, bawang putih cincang, garam, dan lada.

Bentuk adonan menjadi nugget kecil, lalu celupkan dalam telur kocok dan gulingkan dalam tepung roti sebelum digoreng hingga kecokelatan. Nugget wortel ini bisa disajikan dengan saus favorit Sobat seperti saus tomat atau mayones.

Martabak Wortel

Martabak wortel adalah variasi menarik dari martabak yang biasanya Sobat kenal. Untuk membuat martabak wortel, siapkan kulit martabak tipis, kemudian isi dengan campuran wortel parut, telur, daun bawang, bawang merah cincang, garam, dan lada.

Baca juga:  Unik dan Nikmatnya Olahan Mi Organik dari Kebun Honocoroko Blitar

Lipat kulit martabak dan goreng hingga kecokelatan dan renyah. Martabak wortel ini memiliki rasa gurih yang nikmat dan cocok untuk dijadikan camilan di waktu senggang atau sebagai hidangan pembuka saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

Brownies Kukus Wortel

Siapa bilang brownies hanya bisa dibuat dari cokelat? Brownies kukus wortel ini merupakan alternatif sehat dan lezat yang wajib Sobat coba. Untuk membuatnya, Sobat hanya perlu menyiapkan beberapa bahan seperti wortel parut, tepung terigu, gula, telur, minyak sayur, dan sedikit baking powder.

Campur semua bahan hingga merata, lalu kukus adonan dalam loyang yang sudah diolesi minyak. Brownies kukus wortel ini tidak hanya memiliki tekstur yang lembut, tetapi juga aroma yang harum dan rasa yang manis alami dari wortel.

Bakwan Wortel

Bakwan wortel adalah camilan yang renyah dan gurih yang bisa dinikmati kapan saja. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bakwan wortel ini cukup sederhana, yaitu wortel, tepung terigu, telur, dan bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica, dan garam.

Baca juga:  Manfaat dan Cara Terbaik Mengonsumsi Buah Semangka

Campur semua bahan, lalu goreng adonan hingga kecokelatan. Bakwan wortel ini cocok Sobat sajikan dengan saus sambal atau cuka untuk menambah kelezatannya.

Kroket Kentang Isi Wortel

Kroket kentang isi wortel menjadi camilan yang lembut di dalam dan renyah di luar. Kroket ini dibuat dari kentang yang dihaluskan dan diisi dengan wortel yang telah ditumis bersama bumbu-bumbu.

Setelah dibentuk dan dilapisi tepung roti, kroket kemudian goreng hingga keemasan. Kroket kentang isi wortel ini bisa menjadi pilihan camilan sehat dan mengenyangkan untuk keluarga.

Sobat, itulah beberapa ide camilan dari wortel yang nikmat dan mudah dibuat. Selain enak, camilan ini juga sehat karena mengandung banyak nutrisi dari wortel. Selamat mencoba dan menikmati!

Iklan